cover
Contact Name
Erna Meiliana
Contact Email
ernameiliana@trisakti.ac.id
Phone
+6287840093703
Journal Mail Official
jurnaldimensidkv@trisakti.ac.id
Editorial Address
Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti Jl.Kyai Tapa No.1 Grogol Jakarta 11440
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain
Published by Universitas Trisakti
ISSN : 25027425     EISSN : 25497766     DOI : https://doi.org/10.25105/jdd
Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain was published by Faculty of Art and Design Trisakti University in 2016. This journal is published regularly 2 (two) times a year, every April and October. Articles in Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain include knowledge, studies, research, intellectual ideas and ideas related to the science of art, culture especially those related to Visual Communication Design, such as advertising, graphic design, digital multimedia, typography, illustration and photography. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa is published both in print and online versions. The aim of Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain to publish original papers , conceptual frameworks, analytical and simulation models, case studies, empirical research, and book reviews .Also to develop and communicate widely the development of art and design theoretical and pragmatic.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 2 (2022): Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain" : 8 Documents clear
KAMPANYE SOSIAL "STOP PELECEHAN SEKSUAL DI PERKANTORAN" Marsekal Taris Ilmamsyah; Andreana Lingga Sekarasri; Heriyanto Atmojo
Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain Vol. 7 No. 2 (2022): Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2195.048 KB) | DOI: 10.25105/jdd.v7i2.10810

Abstract

Perancangan Kampanye Stop Pelecehan Seksual di Tempat Kerja Perkantoran. Pelecehan seksual ditempat kerja merupakan salah satu masalah yang jarang diketahui serta paling sulit dan beresiko bagi korban karena seringkali berada dalam posisi yang rentan, banyak dari mereka yang takut karirnya rusak atau bahkan kehilangan pekerjaannya jika mereka berani melawan. Hal ini yang membuat korban bungkam tidak berani untuk melapor. Secara umum masyarakat menganggap pelecehan seksual di Tempat Kerja Perkantoran tidak pernah terjadi, karena bagi mereka dunia perkantoran merupakan tempat kerja yang aman bagi para pekerja. Solusi kreatif yang dilakukan yaitu membuat atau merancang kampanye sosial ‘Stop Pelecehan Seksual di Perkantoran’ untuk para pekerja khususnya untuk para korban/penyitas dengan menggunakan beberapa media seperti media cetak, media digital, serta ambient media. Hasil dari kegiatan tersebut diharapkan dapat menyadarkan masyarakat tentang adanya pelecehan seksual di perkantoran, dan tidak takut untuk melapor meminta perlindungan ke lembaga terkait.
KONSEP VISUAL VIDEO PROFIL SEBAGAI MEDIA PROMOSI PROGRAM STUDI DESAIN GRAFIS POLITEKNIK NEGERI JAKARTA Anggi Anggarini; MRR. Tiyas Maheni; Dwi Agnes NB; Rachmadita Dwi Pramesti; Susilawati
Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain Vol. 7 No. 2 (2022): Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (727.532 KB) | DOI: 10.25105/jdd.v7i2.12397

Abstract

Perkembangan Pendidikan tinggi bidang DKV/Desain Grafis (DG) semakin pesat, hal tersebut ditandai dengan meningkatnya minat masyarakat untuk memilih jurusan DG sebagai jalur pendidikan tinggi yang akan ditempuh. Seiring tingginya minat masyarakat maka semakin banyak perguruan tinggi yang membuka program studi DG. Oleh karena itu, masing-masing perguruan tinggi harus dapat menunjukkan keunggulan program studinya dibanding perguruan tinggi lainnya. Dalam rangka menarik minat masyarakat untuk memilih perguruan tinggi dapat diupayakan salah satunya yaitu dengan melakukan promosi dengan menggunakan media digital.  Program Studi Desain Grafis Politeknik Negeri Jakarta belum memiliki video profil yang menunjukkan keunggulan Prodi DG PNJ dibandingkan dengan prodi sejenis di perguruan tinggi lain. Tujuan penelitian adalah merancang video profil prodi Desain Grafis PNJ sebagai media promosi kepada masyarakat, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Design Thinking yang meliputi tahapan Empathize, Define, Ideation, Prototype, dan Test.  Hasil dari penelitian ini adalah Konsep visual Video profil prodi Desain Grafis PNJ yang komunikatif dan memiliki daya tarik, sesuai dengan karakteristik program studi.
PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN MEDIA PROMOSI GRIYA SARANA LABEL Richi Fenus Yoselinus; Irwan Harnoko; Nugroho Widya Prio Utomo
Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain Vol. 7 No. 2 (2022): Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1135.002 KB) | DOI: 10.25105/jdd.v7i2.12474

Abstract

Griya Sarana Label berdiri sejak 1990, Perusahaan ini adalah perusahaan yang menawarkan jasa pencetakan label. Perusahaan ini berkembang dengan menjual jasa percetakan label ke perusahaan lain yang membutuhkan label dalam jumlah yang banyak. Penulis mendapati masalah terhadap kemampuan Griya Sarana Label dalam mempromosikan jasa yang ditawarkan perusahaan tersebut sampai saat ini, Griya Sarana Label tidak memiliki identitas visual dan media promosi di platform media sosial dan sejak awal berdiri Griya Sarana Label masih mengandalkan promosi dari mulut ke mulut. Dewasa ini merancang identitas visual dan media promosi sangatlah dibutuhkan untuk sebuah perusahaan untuk dapat berkembang. Oleh karena itu perancangan media promosi yang layak melalui media sosial perlu dibentuk sebaik-baiknya. Tujuan penulis membuat penulisan ini untuk merancang identitas visual dan media promosi yang terstruktur dan menggunakan media daring sebagai sarana promosi yang efektif dan desain yang menarik untuk dapat bersaing di dalam pasar. Metode yang dilakukan pada perancangan ini adalah wawancara dan observasi dan pada akhir, penulis melakukan pameran di Summarecon Mal Serpong.
PERANCANGAN RE-BRANDING OIKIO SURABAYA Mohammad Hafil Pratama; Aileena Solicitor Costa Rica El Chidtian; Mahimma Romadhona
Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain Vol. 7 No. 2 (2022): Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1013.679 KB) | DOI: 10.25105/jdd.v7i2.12475

Abstract

PERANCANGAN RE-BRANDING OIKIO SURABAYA. Oikio merupakan camilan yang berbahan utama olahan kacang almond yang diproduksi oleh UD.  Pawon Kue yang berada di Surabaya. Produk Oikio merupakan produk homemade yang dibuat langsung oleh sang pemilik yaitu Bu Choirul Mahpuhduah yang selalu menjaga kualitas dan kehigienisannya. Pada tahun 2014, Bu Choirul ingin mendaftarkan merek dengan nama Pawon Kue, nama sebelum Oikio. Namun, nama tersebut ternyata sudah digunakan dengan jenis usaha yang sama. Akhirnya, beliau mengganti nama dengan Oikio. Dengan kondisi yang tergesa-gesa, Bu Choirul membuat sendiri logo Oikio yang baru. Namun logo yang telah dibuat kurang mewakili makna dan karakter Oikio sebagai produk camilan. Karena itu, perancangan ini bertujuan untuk meningkatkan awarness terhadap Oikio yang sudah berganti nama dari Pawon Kue, dengan membuat ulang logo dan media pengaplikasiannya. Perancangan ini menggunakan medote TOWS yang bertujuan untuk memanfaatkan kekuatan dan kesempatan (strength and opportunity) brand Oikio dari dalam (internal) dan untuk memperbaiki dan mencari solusi dari kelemana dan ancaman (threat and weaknesess) dari luar (eksternal).Kata kunci: re-branding, Oikio
PERANCANGAN BUKU BERJUDUL “MY ACNE JOURNEY, KENALI, ATASI, CEGAH JERAWAT” UNTUK REMAJA USIA 13-18 TAHUN DENGAN TEKNIK ILUSTRASI DIGITAL Angel Beauty; Yana Erlyana
Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain Vol. 7 No. 2 (2022): Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2341.976 KB) | DOI: 10.25105/jdd.v7i2.12813

Abstract

Book Design entitled “My Acne Journey, Kenali, Atasi, Cegah Jerawat” for Teenagers Age 13-18 with Digital Illustration Techniques. The design of the final project in the form of a journal entitled "My Acne Vulgaris" aims to become an interactive information medium by adapting the bullet journal system. This book contains an introduction to acne vulgaris in general and how to treat acne-prone skin that can be applied to everyday life for teenage girls aged 13-18 years. The research method applied is using a descriptive qualitative method by collecting data from the results of the literature, questionnaires, interviews, internet and observation. Based on the results of data collection, it is known that acne vulgaris can affect mental health and reduce self-confidence, especially in women, so knowledge about acne vulgaris is needed. In designing this book, attention to design rules combined with illustrations can be an attraction. Through this book, it is hoped that it can become an interactive medium to increase knowledge about acne vulgaris and increase self-confidence in adolescents.
GERAKAN DEMO REFORMASI DIKORUPSI DALAM FOTO JURNAL DI JAKARTA Malcheni Sangrawati; Erlina Novianti; Silviana Amanda Aurelia
Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain Vol. 7 No. 2 (2022): Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2524.649 KB) | DOI: 10.25105/jdd.v7i2.12873

Abstract

Photography journalistic is use as factual media in the form of visuals that provide interesting information. The Reform corruption demonstrations demanded the preparation (RKUHP) and RUU KPK. At the photo of the Corruption Reform Demonstration, the writer uses the theory of journalistic photography as a photo that is valuable for information as well as news and uses the EDFAT and Decisive moment methods. The research objective is to document the situation of the corruption demonstration that uses the EDFAT method in journalistic as well as providing factual information. The research method was carried out by observation. The author observed existing photos as well as literature studies for data collection. The results of the research are photo works that use journalistic by paying attention to the EDFAT method in the photo taking design, as well as the decisive moment theory in taking an appropriate event.  Keywords: Decisive moment, Democracy,  EDFAT,  Journalistic photography.
MEDIA LUAR RUANG SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KUALITAS DAN LINGKUNGAN HIDUP MASYARAKAT Pramesti Saniscara
Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain Vol. 7 No. 2 (2022): Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (944.245 KB) | DOI: 10.25105/jdd.v7i2.15168

Abstract

Outdoor Media and Its Impact on People and Environmental Quality. In the rapidly developing world, the development of the field of advertising has also experienced significant progress. This development is shown through the number of advertisements that appear around our everyday living space. Starting from television, newspapers, magazines, radio, billboards, and videotron to running ads that are affixed to private and public transport. All of these media aim to attract as much public attention as possible to increase the sales of products/services advertised, also, as much as possible. But often the installation of this advertising media is not accompanied by a thorough consideration of the influence on the quality of life of the society and the surrounding environments. Taxes that tend to be affordable, and government regulations that is excluding the quality of the environment where billboards can be installed can cause people to be exposed to ‘sampah visual’ or visual waste from many advertisements that are not necessarily needed. Media Luar Ruang Serta Dampaknya Terhadap Kualitas dan Lingkungan Hidup Masyarakat. Dalam perkembangan dunia yang makin pesat, perkembangan dunia periklanan juga mengalami kemajuan yang signifikan. Perkembangan ini ditunjukkan melalui banyaknya iklan yang muncul di sekitar ruang hidup manusia. Mulai dari televisi, koran, majalah, radio, papan reklame, videotron hingga iklan berjalan yang ditempelkan pada kendaraan pribadi beberapa orang. Semua media ini bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat sebanyak-banyaknya sehingga dapat meningkatkan penjualan produk/jasa yang diiklankan sebanyak-banyaknya juga. Namun seringkali pemasangan media iklan ini tidak diimbangi dengan pertimbangan yang menyeluruh akan dampaknya terhadap kualitas hidup masyarakat dan lingkungan hidup sekitarnya. Pengenaan pajak yang cenderung murah, dan regulasi pemerintah yang kurang mempertimbangkan kualitas lingkungan tempat pemasangan papan reklame bisa mengakibatkan masyarakat terpapar sampah visual dari banyaknya iklan yang belum tentu dibutuhkan.
Front and Back Front and Back
Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain Vol. 7 No. 2 (2022): Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain
Publisher : Universitas Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (351.464 KB)

Abstract

Front and Back

Page 1 of 1 | Total Record : 8